Adspace

space for rent

Ads Space

Space For Rent

Senin, 28 Maret 2011

Sepuluh Tantangan Indonesia 2011

Loading....
Selain memaparkan 10 capaian Indonesia 2010, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada bagian lain sambutannya saat membuka Raker Awal Tahun di Jakarta Convention Center, Senin (10/1/2011) pagi, juga menyebutkan 10 tantangan Indonesia tahun 2011. Kesepuluh tantangan itu adalah:
Pertama, peningkatan harga pangan dan energi dunia. “Jangan main-main, kalau tidak bisa kita antisipasi dan carikan pemecahannya akan berdampak banyak pada kemiskinan, pengangguran, dan sebagainya,” kata Presiden.
Kedua, APBN yang kita kelola dengan baik agar aman, agar sustain dan betul-betul bisa membiayai pembangunan, mengalami permasalahan dan tekanan, yaitu angka subsidi yang besar. Oleh karena itu, ke depan subsidi harus tepat sasaran. Subsidi yang tepat sasaran, adalah untuk mereka yang berpenghasilan rendah dan ekonomi lemah.
Ketiga, masih kurangnya infrastruktur, termasuk listrik, meskipun tahun lalu PLN telah berusaha keras tetapi tetap ada kekurangan yang menganga yang perlu kita penuhi. Keempat, masih adanya hambatan investasi di seluruh Tanah Air, walaupun sudah ada perbaikan, khususnya di bidang perizinan dan kepastian hukum.
Kelima, penyimpangan dan korupsi, khususnya di sektor perpajakan. Keenam, usaha kehutanan dan pertambangan yang merusak lingkungan. Ketujuh, fenomena politik uang nampak berkembang. Ini lonceng kematian bagi demokrasi, bila dibiarkan akan mencederai dan merusak demokrasi yang bermartabat yang sama-sama ingin kita tegakkan.
Kedelapan, pelayanan wajib kepada rakyat yang mencakup pendidikan, kesehatan, dan pelayanan terhadap kaum marjinal belum berjalan baik. Kesembilan, kekurangan dan kelemahan dalam perlindungan dan bantuan bagi tenaga kerja Indonesia.
Kesepuluh, sejumlah daerah dan jajaran pemerintahan pusat - sejumlah karena ada yang sudah bagus - belum memiliki kesiapan bencana alam yang baik. Presiden berharap para menteri koordinator dapat menjabarkan tantangan-tantangan tersebut lebih dalam lagi.
Presiden mengingatkan jajaran pemerintahan mengenai pentingnya memiliki visi dan menyadari misi dari pembangunan Indonesia dalam tugas sehari-hari mereka. “Tanpa memahami tugas pokok atau misi yang harus dilakukan pemerintah di tahun ini hampir pasti pelaksanaannyapun tidak akan efektif,” kata Presiden.
Presiden juga mengajak parlemen, lembaga negara yang lain, universitas, dunia usaha, LSM, masyarakat luas, dan sebagainya untuk menyukseskan pembangunan. “Sukses diraih dan hanya akan diraih apabila ada kolaborasi seluruh elemen bangsa,” seru Presiden SBY.BI/ms-mlp (Berita Indonesia 82)


PASANG IKLAN DI SINI



Jika menurut sobat artikel ini bermanfaat, silahkan vote ke Lintas Berita agar artikel ini bisa di baca oleh orang lain.


Share |


Artikel Terkait:

Comments :

0 komentar to “Sepuluh Tantangan Indonesia 2011”